Skip to main content

Bingung Komputer anda Nge-Blank????

KOMPUTER TIDAK ADA TAMPILAN ALIAS BLANK


Pengalaman memang guru yang berharga,dan lebih berharga lagi jika bisa saling berbagi pengalaman dengan orang lain,karena setiap orang tidak selamanya mengalami hal sama.itulah indahnya berbagi,kita bisa menjadi tahu dan tambah mengerti walaupun hanya sekedar mendengarkan cerita. Apalgi cerita itu adalah kisah nyata yang dialami dalam hidupnya.Disini saya akan berbagi pengalaman sekaligus bercerita tentang apa yang saya alami tentang seluk beluk dan kasus tentang komputer atau notebook.Terkadang notebook kesayangan  kita yang bisa dikatakan tiap harinya menemani,baik waktu santai atau pas saat kerja mengalami gangguan atau kerusakan, yang membuat aktifitas kita jadi terganggu.Jaman sekarang segala sesuatu sudah berhubungan dengan komputer,bahkan sekarang taman kanak-kanak saja sudah mahir bermain laptop dan lincah menggerakkan kursor mouse.Anak SD dan SMP sekarang soal pekerjaan rumah saja harus di download secara online,oleh para siswanya.Jadi jangan heran kebutuhan komputer sekarang seakan menjadi kebutuhan yang harus ada,terutama anak-anak sekolah.Namun apa jadinya jika laptop atau komputer rusak,efeknya tentu kepada kegiatan belajar mengajar dan tugas sekolah anak-anak kita dan bilamana terjadi , pelajaran mereka bakal terganggu.Disinilah saya akan sedikit memberi penjelasan dan cara mengatasi komputer atau laptop anda ngadat dengan kasus blank atau bisa di power on tap tampilan tidak ada.Jangan khawatir mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini bisa membantu,anda sekalian.Tentunya yang mau bersusah payah mencoba dan mengerjakannya sendiri.lain lagi bagi orang yang berduit,jika komputer rusak bisa saja dan saya yakin mampu beli baru.tetapi tidak demikian dengan keluarga dari golongan menengah ke bawah,disuruh servis saja pasti bingung soal biayanya,takut nanti biaya mahal atau harus ganti ini ganti itu.Bingung kan?.
Stop,berhenti mengeluh,tidak ada gunanya,karena semua persoalan pasti ada solusinya.tidak usah panjang lebar saya bercerita.Saya sudah tahu lama-lama anda pasti juga bosan mendengar cerita dan keluhan he..he..he. Yang kita butuhkan sekarang adalah tindakan ,dan langkah nyata. Dulu notebook yang saya pakai,awalnya normal-normal saja dan tidak ada masalah,tiba-tiba saat saya mau menggunakannya ternyata hanya blank tidak ada tampilan.Waduh,bingung juga saya saat itu".Padahal Banyak laporan dan tulisan yang harus ketik.Akhirnya coba-coba tanya teman dan diberitahu ada banyak kemungkinan,dia menjelaskan".Katanya mending diservis ke bengkel komputer saja!".Padahal waktu itu sore menjelang magrib dan di tempatku kebanyakan tempat servis komputer sudah tutup semua,kalaupun ada tempatnya agak jauh.Setelah iseng tanya sana sini dan saya putuskan untuk membongkar sendiri laptop saya.
Mungkin sudah banyak yang membahas tentang hal ini tetapi uraian dan penjelasan secara detilnya mungkin berbeda-beda,baik dalam penyampaiannya ataupu n cara menangani kasus perkasus.Oke,beginilah awalnya yang saya lakukan,mungkin teman-teman bisa mengikuti langkah-langkahnya sama seperti apa yang saya kerjakan,insyaalloh berhasil,sekarang kita mulai kerjakan dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama -tama tentunya anda menyiapkan obeng,minimal obeng plus dan minusatau kalu punya yang komplit akan lebih baik.
  • Siapkan tempat yang nyaman untuk memperbaiki laptop atau komputer anda.
  • Siapkan kuas atau penghapu pensil.Mungkin anda bertanya- tanya buat apa memakai penghapus segala?,nah disinilah nantinya saya akan menjelaskan fungsinya untuk menghapus apa?'.
  • Siapkan blower/pemanas (jika punya hanya berjaga-jaga jika nanti yang rusak VGA nya ).
  • Siapkan AVO meter mmungkin berguna untuk mengukur cmos atau output arus.

Jika punya siapkan juga alumuniumfoil (jika nanti harus bonkar laptop atau komputer dan perlu di blower)

Mungkin alat alat diatas saya rasa sudah cukup untuk mengerjakannya, jika permasalahannya sama dengan laptop saya dulu.langkah selanjutnya yang anda lakukan sekarang adalah :

1.       Untuk komputer PC silahkan lepas memori anda atau ram
         

2.       Jangan lupa kabel power jangan terpasang,dikhawatirkan nati terjadi konsleting di mainboard atau socket memori atau di memorinya sendiri.Setelah di lepas cek memorinya satu ada pin yang terbakar tidak?,jika tidak penghapus yang saya katakan tadi akan berguna di sini.Silahkan gunakan penghapus untuk membersihkan pin dari kotoran atau karatnya.Hapus di jalur pin-nya sebersih mungkin,yakni pin-pin yang berwarna kuning emas yang saya maksudkan.

3.      Setelah dirasa sudah bersih kembalikan memori seperti semula!". Ingat jangan sampai terbalik nanti jalurnya bisa terbakar saat dinyalakan.Anda sudah yakin memasang memori dengan benar dan  pas,sekarang boleh di pasang semua kaelnya termasuk keyboard,mouse dan kabel powernya.Lalu nyalakan,jika memang tadi yang bermasalah cuma di memorinya , biasanya ada bunyi beep 2 kali.maka  setelah anda nyalakan dan tidak ada bunyi beep pasti komputer atau laptop anda bisa nyala dengan tampilan normal seperti semula.Anda bisa merasa lega karena cuma masalah sepele memorinya kotor saja.

4.    Namun jika masih tidak tampil coba ganti dengan memori yang lain,jika di ganti komputer bisa menyala dan berjalan normal berarti salah satau atau memori anda mati.silahkan cari gantinya saja.

5.    Jika sudah di bersihkan atau bahkan diganti tetap tidak nyala,silahkan cek baterai cmos-nya yakni baterai yang berfungsi untuk menjaga settingan bios tidak kadaluarso atau berubah sendiri.Kemudian setelah baterai CMOS dilepas,coba nyalakan tanpa baterai CMOS.Jika bisa nyala dan ada tampilan normal berarti anda cuma harus menggantinya.


6.    Memori dan CMOS sudah?,Sekarang  giliran cek Kabel fleksible lcdnya ,mungkin ini agak berat dan extra hati hati karena harus bongkar LCD.Bongkar saja yang  penting hati-hati!."selanjutnya habis di bongkar Lepaskan ujung fleksible dari socketnya dan bersihkan dengan alkohol dan sikat.Lalu pasang lagi baru di coba.ingat waktu melepas atau bongkara baterai laptop dan charger jangan di pasang.BAHAYA...!!!!Coba sekarang nyalakan laptop anda jika benar fleksiblenya maka laptop anda akan normal kembali.Untuk PC tolong cek VGA cardnya,bersihkan pin-pin nya seperti tadi dan kembalikan lalu dicoba.jika sudah oke langkah anda cuma berhenti disini.Pasang dan rapikan kembali seperti semula.Namun jika tidak bisa jadi Power suplay anda Output Voltage -nya ngedrop alias tidak ngangkat.Paling mudah ganti power suplay.


Jika langkah diatas tidak biasa untuk PC kemungkinan yang rusak Processornya,walupun untuk kasus yang satu ini jarang tapi juga ada.Ganti processornnya.Untuk laptop Jika sampai fleksibel masih tidak ada tampilan Bisa jadi VGAnya kena atau perlu di Reball atau di blower.Silahkan Blower Chip VGAnya dengan ukuran angin dan panas yang tepat,supay VGAnya nanti justru malah jadi mati total.Sekarang nyalakan jika benar Vganya dengan sebab mungkin ada solder an yang tidak nyambung atau istilah nya ngepong,maka saat anda nyalakan,laptop akan tampil normal kembali.


Nah Gimana sobat tips dari saya sudah anda praktekkan??,saya kira langka-langkah diatas sudah sangat komplit dan cukup bisa mengatasi permasalahan Komputer ataupun laptop anda.Semoga apa yang saya sampaikan bisa membawa manfaat dan saya sangat senang bisa berbagi.Tunggu saja tips tip saya yang lain. terimakasih




Wasalam

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Laptop saya tiba - tiba mati???

Cara Mengatasi Laptop Yang Mati Sendiri  saat di pakai Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai  notebook yang terkadang bikin kita stress jutek dongkol ...bahkan marah tidak karuan.Bagaimana tidak,banyak tugas menumpuk,entah itu pekerjaan kantor ataupu  tugas dari sekolah,tiba tiba saja laptop yang dipakai ngambek tiba-tiba mati sendiri.walaupun ditekan power on nyala lagi tapi lagi-lagi dan berulang laptop / notebook saat asyik dipakai tetap mati lagi dan mati lagi.
ANAK ADALAH INVEST ANDA YANG TIADA TARANYA Kita tahu bahwa kadang saking cintanya terhadap anak justru itu merupakan kesalahan fatal yang telah kita lakukan,Anak menjadi tidak pede dan tidak berkembang kreatifitasnya,anak akan dihantui rasa bersalah jika melakukan sesuatu yang sekiranya menjadi pantangan,namun sesungguhnya tidak semua hal berlaku bagi anak,justru kita memang harus pandai - pandai memberikan bimbingan pengertian dan sekaligus contoh bagi anak-anak kita.Kadang hal kecil bagi anak sangat penting tapi kita menyepelekannya.tahukah anda baik buruknya generasi kita tergantung pada anak cucu kita,maka seharusnyalah kita menyiapkan mereka untuk tahan banting,kreatif dan inovatif tidak pantang menyerah oleh derasnya Zaman. berikut sedikit pengetahuan tentang bagaimana seharusnya kita menyikapi anak dalam kesehariannya walaupun karakter tiap anak berbeda-beda tapi sayay yakin sebagai orang tua pastilah lebih tahu sifat dan watak anak kita masing masing.

Scientific revolution

Religions and beliefs Religions and beliefs, a way people view the world in large scope as a whole and as a place of the individual therein, is a prodigious factor which drives human actions and behaviours. It influences education, social and political views among nations, and the understanding of man and the natural world for a long period. Nonetheless, the emergence of scientific revolution slightly shifted their views, especially in the understanding of man and the natural world. On the one hand, it was an enlightment for scholars who hardly agree with religious theories of man and the natural world. On the other hand, it rose so many controversies among scholars and theologians. It also increases the tendency to the religion extremities, which can be seen in some groups, such as The Amish, The Mennonites, and The old German Brethren who oppose the scientific revolution and are reluctant to implement science and technology in their lives. In spite of many pros and contras, I b