Skip to main content

Kenapa Laptop saya tiba - tiba mati???


Cara Mengatasi Laptop Yang Mati Sendiri  saat di pakai


Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai  notebook yang terkadang bikin kita stress jutek dongkol ...bahkan marah tidak karuan.Bagaimana tidak,banyak tugas menumpuk,entah itu pekerjaan kantor ataupu  tugas dari sekolah,tiba tiba saja laptop yang dipakai ngambek tiba-tiba mati sendiri.walaupun ditekan power on nyala lagi tapi lagi-lagi dan berulang laptop / notebook saat asyik dipakai tetap mati lagi dan mati lagi.



Sabar sobat, jangan panik , disini saya akan berbagi solusi dengan anda dan saya pastikan nantinya anda nyaman menggunakan laptop yang selama ini jadi andalan...he..he...!. Oke akan saya bahas satu demi satu bagaimana mengatasi komputer yang asyik dipakai tiba -tiba mati sendiri.Dan ini berlaku untuk semua jenis laptop dan merk.

Pertama-tama siapkan notebook yang akan di bongkar dan peralatan seperti:
-Obeng komplit
-Pasta pendingin(bisa beli di toko elektronik)
-Pingset
-Blower
-Kuas
-Pelumas semprot/singer oil (nantinya untuk motor kipas pendingin prosessor)
-tempat baut/sekrup

dan tentunya siapkan meja atau tempat yang nyaman untuk membongkar laptop supaya natinya tidak bercampur dengan yang lain yang memungkinkan ada baut atau sparepart yang hilang.

Siapkan notebook dan obeng disesuaikan dengan mur baut yang terpasang dilaptop anda.Lalu lepas satu persatu Jangan lupa baterai di lepas dahulu.
 lihat gambar di bawah:





Lepas baterainya
Buka bautnya
  1. kemudian pastikan keyboard ada tautan sekrupnya tidak dibawah casing ,karena biasanya keyboard dilepas dulu sebelum casing nya,setelah dipastikan mur baut keyboard dilepas dari bawah,coba copot keyboardnya.
  2. Baru setelah itu baru kita konsentrasi di casing notebook,dengan melepas semua sekrup/mur baut yang terpasang.
  3. Nah setelah itu coba bongkar casingnya ,perhatikan juga untuk tautan sekrup di Engsel LCD//layarnya kira - kira harus di lepas dulu atau tidak mohon dipastikan dulu.
  4. Setelah memastikan coba bongkar satu demi satu jing...jeng akhirnya seperti pada gambar dibawah ini,terbongkar semua dan kita meliah ada mainboard didalamnya.
  5. Pekerjaan selanjutnya adalah melepas mainboardnya karena pada intinya kita akan membersihkan total notebook beserta isinya,lepas baut di mainboard satu persatu ingat baut yang hanya sebagai pengunsi di casing aja dan biasanya di beri tanda gambat panah.
  6. Setelah mainboard dilepas kita menuju ke pendingin processornya,coba lepas pendinginnya dengan membuka baut yang ada,seperti yang tampak dalam gambar dibawah ini:
  7. Kemudian lepas kipas fannya untuk di bersihkan dan ditambah pelumas atau singer oil,dan jangan lupa kisi kisi di jalur  pembuangan pembuangan panas di pendingin processor juga di blower,sam pai bersih.Biasanya banyak debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi tersebut.Bersihkan dengan menggunakan kuas dulu baru setelah itu di blower sampai bersih dan jangan lupa processor ditambah pasta pendingin dulu.
  8. Jangan banyak banyak ngasih pasta pendinginnya tapi seperlunya saja,setelah yakin semua sudah di bersihkan dan di blower saatnya mengembalikan seperti semula.kerjaan dengan hati hati waktu memasang pendinginnya processor dan selanjutnya kita kembalikan mainboard ke casingnya seperti semula.
  9. Pastikan semua kabel terhubung ke mainboard kembali,baik itu kabel Lcd flexsible kabel switch,speaker dan lainnya yang sekiranya ada,jangan sampai tercecer.terutama kabel fan karena jika lupa bisa fatal akibatnya saolnya kipas tidak bekerja yang akan mengakibatkan processor mati.
  10. Jing...jeng akhirnya setelah semua terpasang dengan rapi dan dipastikan semua kabel dan baut sudah dikembalikan dengan benar,kini saatnya mencoba laptop kita yang tadinya bikin kepala pusing.



Akhirnya lega deh,tadinya yang sering mencak-mencak dan bete bingit terselesaikan juga masalahnya.Sekarang semua tugas aatu pekerjaan dapat rampung dengan baik dan memuaskan,tidak takut lagi laptop bakal ngadat atau mati sendiri lagi saat pas seriusnya ngerjakan tugas.Notebok sekarang jadi terasa lebih dingin dari sebelumnya yang begitu cepat panas.

Oke sobat semua itulah sedikit tips n trik dari saya yang secara gamblang dapat anda praktekkan sendiri di rumah,walaupun sudah banyak tutorial serupa di atas,namun saya menjamin blog saya lebih deyail dari yang lain.masih banyak Tip nTrik yang akan saya bagikan pada agan-  agan semua pada artikel saya mendatanga

Terima kasih ,mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita dan menambah wawasan yang lain,Saya menyadari masih banyak kekurangan dalam penyajian tutorial saya ini,tapi saya berharap kedepannya menjadi lebih baik,dan saya benar-benar sangat senang karena inilah indahnya berbagi dengan sobat semua.


Wasalam

ikuti juga blok saya di:


Popular posts from this blog

ANAK ADALAH INVEST ANDA YANG TIADA TARANYA Kita tahu bahwa kadang saking cintanya terhadap anak justru itu merupakan kesalahan fatal yang telah kita lakukan,Anak menjadi tidak pede dan tidak berkembang kreatifitasnya,anak akan dihantui rasa bersalah jika melakukan sesuatu yang sekiranya menjadi pantangan,namun sesungguhnya tidak semua hal berlaku bagi anak,justru kita memang harus pandai - pandai memberikan bimbingan pengertian dan sekaligus contoh bagi anak-anak kita.Kadang hal kecil bagi anak sangat penting tapi kita menyepelekannya.tahukah anda baik buruknya generasi kita tergantung pada anak cucu kita,maka seharusnyalah kita menyiapkan mereka untuk tahan banting,kreatif dan inovatif tidak pantang menyerah oleh derasnya Zaman. berikut sedikit pengetahuan tentang bagaimana seharusnya kita menyikapi anak dalam kesehariannya walaupun karakter tiap anak berbeda-beda tapi sayay yakin sebagai orang tua pastilah lebih tahu sifat dan watak anak kita masing masing.

Scientific revolution

Religions and beliefs Religions and beliefs, a way people view the world in large scope as a whole and as a place of the individual therein, is a prodigious factor which drives human actions and behaviours. It influences education, social and political views among nations, and the understanding of man and the natural world for a long period. Nonetheless, the emergence of scientific revolution slightly shifted their views, especially in the understanding of man and the natural world. On the one hand, it was an enlightment for scholars who hardly agree with religious theories of man and the natural world. On the other hand, it rose so many controversies among scholars and theologians. It also increases the tendency to the religion extremities, which can be seen in some groups, such as The Amish, The Mennonites, and The old German Brethren who oppose the scientific revolution and are reluctant to implement science and technology in their lives. In spite of many pros and contras, I b