Skip to main content

Hal-hal yang harus di hindari didepan anak-anak



Terkadang secara sadar atau tidak kita berbicara atau bertindak tanpa memperhatikan lingkungan sekeliling kita terutama anak-anak.Tahukah anda bahwa anak memiliki otak yang dapat merekam sempurna apa yang ia lihat,ia rasakan dan ia lakukan.jadi jangan heran anak kita tiba -tiba berbuat atau berbicara di luar kebiasaan seorang anak.Anak tidak dapat disalahkan dengan apa yang diucapkan atau dilakukan karena sebenarnya itu semua menjadi tanggung jawab kita semua baik sebagai ayah,ibu,kakak,teman,atau hanya tetangga sebelah,,tapi jika kita peduli terhadap lingkungan terutama anak -  anak niscaya kita akan merasa nyaman ,tenang dan bahkan bangga terhadap anak anak kita.

Berikut hal-hal yang sebaiknya kita hindari di depan anak-anak kita :


1. Berkata kasar  di depan anak

Hal ini penting karena secara tidak sadar kita mendidik anak untuk berkata-kata tidak baik,karena selama anak tidak dikasih tahu dan diberi pengertian saya pastikan akan meniru ucapan kita,karena si anak menganggap ucapannya hanya meniru orang tuanya dan dia tidak pernah mendapat pengetahuan tentang itu tidak ada peringatan dari orang tua untuk membimbing dan menjelaskan,bahwa ucapan ini baik atau buruk.seyogyanya bila kita menyadari hendaknya segera berkomunikasi dengan si anak.misalnya."tadi adik dengar omongan ayah tidak?,jika si anak merasa mendengar segeralah beritahu dan minta maaf bahwa ucapan dan kata - kata yang anda ucapkan adalah salah tidak patut untuk di tiru,serta memberi pengertian kepada anak bahwa anda tidak akan mengulangnya lagi.

2. Berlaku jorok di depan anak

Sebagai contoh saja yang mudah,bila kita habis makan roti bungkus dibuang sembarangan bila dilihat si anak saya pastikan akan meniru apa yang kita lakukan,maka dari itu sebaiknya jika anak memperhatikan kita sebaiknya diajak bicara baik baik,walau untuk sebagian orang memandang remeh hal-hal kecil ini.Kedisiplinan kita untuk ikut aktif memberi pembelajaran sehari hari kepada anak akan memudahkan kita mengawasi mereka serta merasa aman jika tidak bersamanya.

4. Bertengkar dengan istri di depan anak

Warning untuk yang satu ini,bertengkar dengan pasangan di depan anak akan menimbulkan trauma dan mengganggu psikis sang anak,karena tidak ada pembenaran di dalamnya,dia jadi tidak akan mengerti yang benar ayah atau ibunya,karen sudah menjadi rahasia umum jika pasangan suami istri bertengkar hanya mengedepankan ego pribadi masing-masing bahkan jika tidak terkontrol akan saling pukul.Ini akan sangat berbahaya jika anak sering disuguhi dengan hal yang demikian.Kelak anak akan menganggap bertengkar dan saling pukul adalah legal dan boleh di lakukan.nah bagaimana menurut anda,fatal bukan?

5. Sering berbohong di depan anak


Kebohongan yang selama ini kita benci justru akan menjadi bumerang jika kita secara sengaja melakukannya di depan anak-anak. mereka akan menganggap berbohong adalah hal yang biasa.Jangan salahkan mereka jika nantinya kita sebagai orang tuanya yang akan di bohongi anak kita.mereka akan semakin pandai berbohong jika kita tidak mnyadari dan mengantisipasinya sejak dini.mau jadi apa nantinya jika dari kecil sudah pandai berbohong.

6. Makan dan minum sambil berdiri di depan anak

Orang tua dirumah adalah guru yang hebat bagi anak-anaknya,apa yang kita lakukan kita ucapkan mudah sekali anak menirunya,Dalam adat jawa makan dan minum berdiri berhubungan dengan adab dan tata krama sehari hari.tapi jika kita saja memberi contoh yang tidak baik,dewasa seiring waktu berjalan dalam hal makan dan minum , mereka akan seenaknya saja tanpa memperhatikan sopan santun,di depan orang lain.Walaupun sudah ada survey yang membuktikan bahwa makan dan minum dengan berdiri bisa menggangu metabolisme tubuh.

7. Merokok di depan anak

Jika di rumah saja kita klepas klepus merokok tanpa peduli ada anak-anak kecil,Jangan heran kelak anak kita esok akan menjadi perokok berat bahkan melebihi orang tuanya.Sebisa mungkin dengan adanya kampanye anti rokok dan bagi perokok hendaknya bisa tahu diri,jika banyak anak-anak janganlah merokok di depannya.itulah salah satu sebab kenapa kebiasaan merokok menjadi mata rantai yang sulit putus bahkan seperti penyakit turunan yang menular ke anak-anaknya.Padahal  gara -gara rokok jutaan nyawa hilang,coba mari bersama sama kita kaji lebih mendalam.



Masih banyak hal - hal kecil yang kadang - kadang tidak kita perhatikan ternyata bisa mensugesti anak-anak kita dan mendarah daging menjadi pribadi yang tidak kita inginkan sebagai orang tua.Semua orang tua pasti berharap anaknya menjadi anak yang baik dan pandai dalam segala hal positif,akan tetapi dalam keseharian baik di rumah maupun lingkungan sekitar kita mendidik hal-hal yang negatif,jangan salahkan anak karena itu semua menjadi tanggung jawab bersama.

saya sebagai penulis pemula masih harus banyak belajar dan bertukar pikiran kepada guru yang lebih senior dan sudah banyak makan garam supaya apa yang saya bagikan menjadi lebih baik,karena kesempurnaa hanya di tangan tuhan,kita hanya bisa memperbaiki diri supaya ke depan semakin baik dan lebih baik lagi.


terima kasih telah membaca dan memberikan masukan mudah-mudahan dengan saling ingat mengingatkan kita semua  menjadi pribadi dan dapat mendidik anak-anak kita menjadi anak indonesia yang beradab berkepribadian luhur dan disegani bangsa lain.

amiinn



Comments

Popular posts from this blog

Kenapa Laptop saya tiba - tiba mati???

Cara Mengatasi Laptop Yang Mati Sendiri  saat di pakai Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai  notebook yang terkadang bikin kita stress jutek dongkol ...bahkan marah tidak karuan.Bagaimana tidak,banyak tugas menumpuk,entah itu pekerjaan kantor ataupu  tugas dari sekolah,tiba tiba saja laptop yang dipakai ngambek tiba-tiba mati sendiri.walaupun ditekan power on nyala lagi tapi lagi-lagi dan berulang laptop / notebook saat asyik dipakai tetap mati lagi dan mati lagi.
ANAK ADALAH INVEST ANDA YANG TIADA TARANYA Kita tahu bahwa kadang saking cintanya terhadap anak justru itu merupakan kesalahan fatal yang telah kita lakukan,Anak menjadi tidak pede dan tidak berkembang kreatifitasnya,anak akan dihantui rasa bersalah jika melakukan sesuatu yang sekiranya menjadi pantangan,namun sesungguhnya tidak semua hal berlaku bagi anak,justru kita memang harus pandai - pandai memberikan bimbingan pengertian dan sekaligus contoh bagi anak-anak kita.Kadang hal kecil bagi anak sangat penting tapi kita menyepelekannya.tahukah anda baik buruknya generasi kita tergantung pada anak cucu kita,maka seharusnyalah kita menyiapkan mereka untuk tahan banting,kreatif dan inovatif tidak pantang menyerah oleh derasnya Zaman. berikut sedikit pengetahuan tentang bagaimana seharusnya kita menyikapi anak dalam kesehariannya walaupun karakter tiap anak berbeda-beda tapi sayay yakin sebagai orang tua pastilah lebih tahu sifat dan watak anak kita masing masing.

Scientific revolution

Religions and beliefs Religions and beliefs, a way people view the world in large scope as a whole and as a place of the individual therein, is a prodigious factor which drives human actions and behaviours. It influences education, social and political views among nations, and the understanding of man and the natural world for a long period. Nonetheless, the emergence of scientific revolution slightly shifted their views, especially in the understanding of man and the natural world. On the one hand, it was an enlightment for scholars who hardly agree with religious theories of man and the natural world. On the other hand, it rose so many controversies among scholars and theologians. It also increases the tendency to the religion extremities, which can be seen in some groups, such as The Amish, The Mennonites, and The old German Brethren who oppose the scientific revolution and are reluctant to implement science and technology in their lives. In spite of many pros and contras, I b